Jam :: Telp 0561-772262 Email [email protected]
Info Sekolah
Sabtu, 01 Okt 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMA Kapuas Pontianak

Aku Selingkuh

Minggu, 20 Maret 2022 Oleh : Dwi Wahyudi

Eits.. tunggu dulu.. sabar ya ibu-ibu, jangan marah, ini bukan tentang WIL (wanita idaman lain) koq. Bapak-bapak juga jangan senyum dan senang dulu ya, ini bukan tentang tips dan trik bagaimana cara mendapatkan WIL dengan aman. Sebelum kita membahas tulisan ini tentang apa, ijinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu..

Nama saya sukardi, saya lahir dan besar di Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kote Ale-Ale. Di Kabupaten Ketapang saya menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA, dan pada tahun 2000 berhasil masuk perguruan tinggi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura Pontianak, Prodi Pendidikan Ekonomi.

Menyelesaikan pendidikan sarjana dan diwisuda pada awal tahun 2005, Alhamdulillah ditahun berikutnya tepatnya 1 April 2006 terbitlah SK Pegawai Negeri Sipil sebagai guru Ekonomi di SMA Negeri 5 Pontianak sampai sekarang.

Sebagai seorang guru, aktivitas normal yang saya jalani adalah setiap hari sesuai beban tugas disekolah adalah mengajar, menjadi wali kelas, guru piket, dan tugas-tugas tambahan lain yang bisa berubah dan bisa juga tidak berubah setiap tahun.

Namun yang pasti adalah aktivitas rutin pagi pergi kesekolah, pulang sore hari, istirat dirumah, besok berangkat kerja lagi, siang pulang, malam istrhat, begitulah seterusnya.

Sampai pada tahun 2013, saya secara kebetulan di ajak abang saya untuk pergi ke Jakarta untuk beberapa hari, yang sebelumnya saya tidak tahu apa keperluan kesana, tetapi saya pun menyetujuinya karna saya senang diajak jalan-jalan apalagi ke Ibukota dan Gratis.

Disinilah awal mula “perselingkuhan” itu terjadi. Kegiatan saya bersama abang di jakarta adalah dalam rangka kursus dan pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi ijin menyelam menggunakan alat atau Scuba Diving (SCUBA: Self Contained Underwater Breathing Apparatus).

Satu hari pelatihan dasar di Kolam renang lengkap dengan teorinya dan satu hari berikutnya praktik menyelam langsung di laut dalam kawasan kepulauan seribu tepatnya di Pulau Pramuka jakarta.

Sejak menyelesaikan kursus dan mendapatkan surat ijin penyelaman tersebut, dimulailah aktivitas perjalanan saya bersama abang dan teman-teman yang tergabung dalam komunitas WeBe Adventure kabupaten ketapang merasakan dan menikmati sensasi menyelam di beberapa kawasan titik selam terbaik di perairan tanah air.

Aktivitas inilah yang saya sebut dengan Selingkuh, karena setiap saya melakukan kegiatan penyelaman ke beberapa daerah, tentu saya harus meninggalkan tugas utama saya sebagai seorang guru PNS di sekolah, meskipun pastinya saya sudah mendapatkan ijin dari atasan.

Tahun 2014, Taman laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara menjadi kunjungan pertama kami bersama komunitas WeBe sekaligus menjadi bagian dari program pelatihan selam juga untuk beberapa teman yang belum memiliki ijin selam.

Kunjungan ke Bunaken memberikan kami bekal pengalaman taman-taman karang laut yang luar biasa sangat indah, didukung dengan kejernihan air yang dalam istilah selam disebut dengan visibility mencapai 20-35 meter (bandingkan dengan visibility laut pulau Lemukutan yang berkisar 5-8 meter).

Bunaken memang menjual keindahan pemandangan bawah lautnya, namun sayang kurang didukung dengan fasilitas dan panorama yang baik jika kita berada di daratan pulau tersebut. Maka dari itu rugi rasanya jika berkujung ke bunaken tetapi tidak menyelam.

Kawasan Kepulauan Derawan, Berau Kalimatan Timur menjadi tempat selingkuh saya yang kedua, 5 hari kerja berada di Pulau eksotis nan indah dengan suasana pesisir pantai yang lebih hidup dan fasilitas lengkap membuat saya kembali ijin untuk tidak melaksanakan tugas utama saya sebagai guru di sekolah pada awal tahun 2015.

Empat pulau utama dari kepulauan yang ada dengan keunikan dan ciri khas masing-masing menjadi pengalaman sangat berharga bagi kami saat berkunjung kesana. Pulau utama nya adalah Pulau Derawan dengan air lautnya yang jernih menjadi pintu gerbang untuk menuju pulau-pulau lainnya.

Tentu sebagai pulau utama Derawan menyediakan fasilitas-fasilitas penginapan yang pastinya membuat nyaman pengunjung. Pulau Kakaban dengan danau Ubur-ubur air tawarnya yang hanya ada dua lokasi di dunia. Pulau maratua dengan keindahan bawah lautnya yang menjanjikan kita bisa bertemu dengan ikan Pari Manta dan Penyu Hijaunya.

Sementara Pulau Sangalaki memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi karang dan lamun dengan garis pantai pasir putih serta air laut berwrna biru toska yang sangat indah.

Perselingkuhan ketiga saya terjadi pada tahun 2016, tepatnya bulan april saat saya bersama teman-teman mengunjungi salah satu kawasan wisata laut paling populer di Indonesia bahkan dunia, yaitu Kawasan Raja Ampat di Sorong Papua Barat.

Banyaknya gugusan-gugusan pulau disana antara lain Pulau Waigeo dan Pulau Misool membuat perjalanan 6 hari di kawasan Raja Ampat terasa sangat singkat dan kurang.

Pesona taman karang dibawah laut, Biota-biota lauk yang unik, pengalaman berenang bersama puluhan ekor Hiu tanpa jarak menjadi bagian dari kenikmatan selingkuh saya di raja Ampat.

Selingkuh itu Indah, begitulah yang saya rasakan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan. Banyak suara miring yang menjadi cubitan, tetapi memang batapa enaknya dan indahnya perselingkuhan ini membuat saya belum akan mengucapkan kata cukup atau berhenti untuk mencoba selingkuh dan selingkuh lagi ke kawasan-kawasan lain di tanah air, bahkan mungkin suatu saat nanti ke luar negeri. Aamiinn. (SKD)

Tulisan Lainnya

Info Sekolah

SMA Kapuas Pontianak

NSPN : 30105085
Jl. Tabrani Ahmad, Sungai Jawi Dalam, Kec. Pontianak Bar., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244
TELEPON 0561-772262
EMAIL [email protected]
WHATSAPP 628989873113